Anak Takut Air, Bagaimana Cara Memulai Belajar Renang?

Tak jarang kita temukan kasus anak yang takut air. Anak takut air bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena trauma dengan air akibat tenggelam atau ketakutan saat air masuk ke dalam pernafasan, misalnya.

Ketakutan anak terhadap air bukan hanya pada saat anak berenang saja, tetapi juga pada saat mandi. Apalagi jika mandi keramas yang harus mengguyurkan air ke kepala.

Tapi jangan khawatir, ketakutan anak terhadap air pada usia tertentu, umumnya usia balita, merupakan hal yang wajar. Namun, kewajaran ini jangan sampai dibiarkan sehingga menyebabkan anak takut air terus menerus.

Anak Takut Air, Bagaimana Cara Memulai Belajar Renang?

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali manfaat berenang untuk anak. Namun bagaimana jika anak kita takut air?

  1. Sebelum mengajak anak untuk memulai belajar berenang, orang tua harus paham dulu apa penyebab anak takut air. Jika orang tua sudah tau penyebabnya, bangun percaya diri anak agar ia bisa melawan rasa takutnya.”Kamu takut, ya? Tenang, bunda pegangkan tanganmu.. Bunda jaga, ya.. Kamu nggak perlu khawatir.”

    Buat anak tenang dan yakinkan dia bahwa ia aman dan baik-baik saja, Moms ada disamping untuk menjaganya. Atau Moms yakinkan anak bahwa anak belajar berenang dengan pelatih hebat, dia pasti akan menjaga dan memastikan anak tetap aman dan baik-baik saja.

  2. Hindari memaksa anak yang takut air jika ia belum siap. Terus tanamkan keyakinan diri anak agar ia mau memulai bersentuhan dengan air lebih dalam lagi. Kita juga bisa mengajak anak memulai di kolam dangkal khusus anak-anak dan bermain bersamanya. Main ciprat-ciprat air atau main hujan buatan, misalnya. Usahakan pelan-pelan mengubah stigma bahwa air itu menakutkan menjadi air itu menyenangkan.Di Studio Renang, anak-anak akan diajak main hujan buatan. Hujan jatuh dari baskom berisi air yang sudah dilubang-lubangi sembari bernyanyi, “Rain, rain, go away! Come again another day..” Mengatasi ketakutan anak terhadap air pasti akan lebih membantu jika kita dibantu oleh pelatih renang anak yang profesional dan berpengalaman.
  3. Beri apresiasi apabila anak menunjukkan kemajuannya melawan rasa takut pada air.
    Mengapresiasi merupakan salah satu cara mendorong rasa percaya dirinya agar mau belajar berenang lebih jauh lagi.

Mengatasi anak takut air mungkin tidak bisa berhasil dalam waktu singkat. Perlu kesabaran dan usaha yang berulang agar anak perlahan terlepas dari rasa takutnya.

Nah, itu dia cara memulai belajar berenang bagi anak yang takut air. Semoga bermanfaat
dan semoga si kecil lekas berani di air ya, Moms!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *