Anak Takut Air, Bagaimana Cara Memulai Belajar Renang?

Tak jarang kita temukan kasus anak yang takut air. Anak takut air bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena trauma dengan air akibat tenggelam atau ketakutan saat air masuk ke dalam pernafasan, misalnya.

Ketakutan anak terhadap air bukan hanya pada saat anak berenang saja, tetapi juga pada saat mandi. Apalagi jika mandi keramas yang harus mengguyurkan air ke kepala.

Read more

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Selama Di Kolam Renang

Berenang merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk semua kalangan usia. Berenang juga merupakan salah satu aktivitas kebugaran yang dikenal banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita. Kolam renang merupakan tempat yang tepat untuk kita berenang, meskipun tak jarang orang-orang juga berenang di laut, sungai, dan danau.

Read more

Tidak Hanya Kaporit, 3 Jenis Disinfektan Yang Digunakan Studio Renang Untuk Air Kolam Renangnya

Kaporit atau chlorine/klorin merupakan zat kimia yang sering digunakan kolam renang untuk membasmi kuman dan menjernihkan air kolam renang. Tidak hanya kaporit, Studio Renang juga menggunakan jenis disinfektan lain yang digunakan untuk menjaga kualitas air kolamnya. Hal ini dilakukan karena sebagian besar kolam renang digunakan oleh anak-anak hingga bayi untuk belajar renang.

Read more

Upaya Agar Anak Aman Dari Tindakan Asusila di Kolam Renang

Beberapa waktu ini, tindakan asusila pada anak kerap sekali terjadi. Mirisnya, tindakan asusila tersebut bahkan pernah ada yang terjadi di sekolah. Dimana pelakunya merupakan seorang guru, seseorang yang seharusnya berperan menjadi orang tua para murid selama di sekolah.

Read more

Tips Aman Berenang Bersama Bayi, Amankah Penggunaan Pelampung Leher?

Berenang bersama bayi sangat menyenangkan. Bayi juga terlihat sangat menggemaskan saat mereka di dalam air. Maraknya saat ini penggunaan pelampung leher pada bayi saat bayi berenang karena dianggap aman untuk mencegah bayi tenggelam dan membuat tangan dan kaki bayi aktif bergerak di dalam air tanpa harus dipegang oleh orang tuanya.

Read more

Pertolongan Pertama Saat Melihat Anak Tenggelam

Tingginya tingkat kematian akibat tenggelam ternyata merupakan sebuah kasus yang sangat serius, khususnya pada anak di bawah 10 tahun. Namun, masih banyak diantara kita yang kurang menyadarinya. Terlepas dari takdir, kasus kematian akibat tenggelam sebenarnya masih bisa dicegah. Itulah mengapa, kita sebagai masyarakat umum atau yang notabenenya sebagai orang tua yang mempunyai anak, harus mempelajari dan mengetahui bagaimana pertolongan pertama saat melihat anak tenggelam.

Read more

Berenang Membuat Anak Menjadi Lebih Pintar, Benarkah?

Berenang merupakan salah satu olahraga yang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Selain sangat baik bagi kesehatan dan juga merupakan bekal untuk menyelamatkan diri saat terjadi accident di lingkungan air, berenang juga bisa membuat anak menjadi lebih pintar. Benarkah?

Read more

Peran Orang Tua Dalam Mencegah Tingginya Angka Kematian Anak Di Bawah Lima Tahun Akibat Tenggelam

Tahukah Moms, bahwa tenggelam adalah penyebab utama kematian anak di bawah lima tahun? Data tersebut bersumber dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Diliput dari laman Media Indonesia, sekitar 2,5 juta orang meninggal akibat tenggelam dalam dekade hingga 2019 menurut WHO. Berdasarkan data tersebut, WHO menetapkan serangkaian langkah untuk membantu mengurangi jumlah korban yang sepenuhnya dapat dicegah.

Read more

TIPS MEMILIH TEMPAT BELAJAR BERENANG UNTUK ANAK

Memilih tempat belajar berenang untuk anak tidak boleh asal-asalan menurut saya. Sama halnya dengan memilih sekolah. Saya harus tahu betul, fokus pembelajarannya apa saja, pelatihnya bagaimana, tempat belajarnya bagaimana.

Read more

Maksimalkan Masa Golden Age Anak Dengan Aktivitas Akuatik

Tahukah Moms, bahwa pertumbuhan anak usia 0-5 tahun adalah masa emas pertumbuhan anak? Masa yang disebut juga sebagai golden age ini merupakan periode dimana otak dan fisik anak berkembang dengan sangat pesat.

Read more