Maksimalkan Masa Golden Age Anak Dengan Aktivitas Akuatik

Tahukah Moms, bahwa pertumbuhan anak usia 0-5 tahun adalah masa emas pertumbuhan anak? Masa yang disebut juga sebagai golden age ini merupakan periode dimana otak dan fisik anak berkembang dengan sangat pesat.

Untuk itu, sebagai orang tua kita tidak boleh melewatkan kesempatan sekali seumur hidup ini. Semakin baik stimulasi yang anak dapatkan pada masa golden age ini, maka akan semakin baik pula perkembangannya di masa yang akan datang. Bahkan, bisa mempengaruhi kecerdasannya juga loh, Moms!

Apa saja contohnya stimulasi kecerdasan anak yang bisa orang tua lakukan?

  • Bonding time

Orang tua harus meluangkan waktu untuk anak dan fokus pada mereka saja, jauhkan sejenak gadget atau sisa-sisa pekerjaan yang hampir tidak pernah ada habisnya selama bersama dengan anak. Tatap matanya ketika berbicara, dengarkan ceritanya, beri sentuhan dan pelukan hangat sesering mungkin. Jika bonding atau pelekatan antara orang tua dan anak sudah baik, maka ikatan emosional antara orang tua dan anak pun akan berjalin baik.

  • Komunikasi

Moms, meskipun anak masih kecil dan belum bisa bicara, tetapi mereka sudah bisa diajak komunikasi, loh. Ajak anak bicara tentang kegiatan sehari-hari yang dijalaninya. Percayalah, Moms, saat itu otaknya menyerap apapun yang kita bicarakan padanya.

Contoh pembicaraan sehari-hari pada anak:

“Wah, adek mau makan. Adek makan ikan ya? Ayo kita baca doa sebelum makan, adek bisa?“

“Sudah sore, waktunya adek mandi. Yuk, kita isi baknya dengan air.. Ayo kita pegang airnya, dek..“

  • Ajak anak mengenali berbagai lingkungan

Moms, ada jutaan keajaiban dunia di mata anak-anak. Apa yang menurut kita biasa, bisa jadi itu adalah hal yang menakjubkan baginya. Dengan mengajak anak mengenali berbagai lingkungan, otak akan akan banyak merekam keajaiban-keajaiban di dunia. Contohnya, ajak anak mengenali tumbuhan, bunga-bunga, kucing di depan rumah, ombak lautan di tepi pantai, dan banyak lagi.

  • Bermain sesuai dengan usia

Bahkan bayi sudah bisa dikasih mainan! Asal jangan dikasih mainan mobil-mobilan ya, Moms. Yang ada mobil itu berakhir masuk ke dalam mulutnya. Biasanya bayi-bayi bermain dengan mainannya yang lembut dan mudah digenggam, bahkan aman jika dimuat atau digigitnya. Mainan bayi juga biasanya colorful dan berbunyi, sehingga menarik perhatiannya untuk ia raih dan gerakkan. Semakin bertambah usianya, maka jenis mainannya akan semakin berbeda. Jaman sekarang sangat mudah kok memilihkan mainan yang sesuai dengan usia anak, karena biasanya sudah tertera di kotak kemasan mainan. Dengan memberikan mainan sesuai dengan usia anak, maka mainan tersebut bisa menjadi sarana stimulasi anak sesuai dengan pertumbuhannya.

Dari keempat keempat kegiatan di atas, anak akan banyak mendapat stimulasi yang baik selama masa golden age-nya. Mudah kan, Moms? Semua kegiatan itu dapat kita lakukan sehari-hari di rumah. Selain itu, orang tua juga bisa memaksimalkan stimulasi anak pada masa golden age dengan aktivitas akuatik.

Apa itu Aktivitas Akuatik?

Aktivitas akuatik adalah sebuah aktivitas dengan media air, salah satu kegiatan akuatik yang kita kenal adalah berenang. Seperti yang kita ketahui, berenang merupakan olahraga yang melibatkan otot seluruh tubuh. Selain otot, berenang juga membuat organ jantung dan paru-paru semakin maksimal kinerjanya. Untuk anak-anak, berenang juga bermanfaat untuk memperkuat fisik dan perkembangan motoriknya terutama motorik kasar. Sehingga, berenang sangat baik jika diajarkan pada anak sejak usia di bawah 5 tahun untuk memaksimalkan masa golden age anak.

Baca juga: Manfaat Anak Berenang Sejak Dini

So, Moms, jangan lewatkan aktivitas akuatik bersama anak-anak di masa golden age mereka. Masa emas ini tidak akan bisa terulang lagi, Moms, kalau bukan kita sebagai orang tua yang memaksimalkan periode golden age anak kita, siapa lagi?

Penulis: Juli Yastuti

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *