Berenang Membuat Anak Menjadi Lebih Pintar, Benarkah?

Berenang merupakan salah satu olahraga yang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Selain sangat baik bagi kesehatan dan juga merupakan bekal untuk menyelamatkan diri saat terjadi accident di lingkungan air, berenang juga bisa membuat anak menjadi lebih pintar. Benarkah?

Manfaat berenang yang bisa membuat anak menjadi lebih pintar ternyata sudah pernah dibuktikan oleh para peneliti di Universitas Griffth, Queensland, yang telah melakukan penelitian pada ribuan anak di bawah usia 5 tahun yang sedang belajar berenang. Berdasarkan penelitian tersebut, anak-anak yang belajar berenang sejak dini cenderung lebih fokus terhadap detail, sehingga dapat meningkatkan kecerdasannya.

Dalam penelitian tersebut juga menyatakan bahwa berenang dapat meningkatkan aliran darah ke otak, bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan olahraga di daratan lainnya. Nah, pada dasar inilah yang menjadikan berenang dapat meningkatkan kecerdasan otak anak. Selain itu, berenang juga bisa meningkatkan daya ingat, menghilangkan stress, memperbaiki mood, fokus dan meningkatkan daya ingat. Dengan begitu, kemampuan belajar anak pun bisa berkembang lebih optimal.

Tidak banyak orang tua yang tahu manfaat berenang ternyata sehebat itu, ya.. Ternyata berenang pada anak bukan hanya agar anak jago berenang, tetapi berenang juga memberikan manfaat besar terhadap tumbuh kembang anak pada usia dini. Baik itu untuk kesehatan sampai pada kecerdasan anak.

Sudah tahu kan, Moms, ternyata berenang itu bisa membuat anak menjadi lebih pintar? Sekarang ayo, ajak anak-anak belajar berenang sejak dini untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi lebih optimal.

Baca juga: Maksimalkan Masa Golden Age Anak Dengan Aktivitas Akuatik

Penulis: Juli Yastuti

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *